PROMOSI TEMPAT WISATA CURUG MADI KAMOJANG DENGAN PERANCANGAN KONTEN DIGITAL MEDIA SOSIAL INSTAGRAM
Keywords:
Curug Madi Kamojang, Media Sosial, Informasi dan PromosiAbstract
Wisata alam menjadi salah satu daya tarik di Kabupaten Bandung bagi wisatawan, potensi wisata alam yang belum tentu dimiliki oleh kota/kabupaten lain. Bagi wisatawan yang sering berkunjung ke Kabupaten Bandung mungkin sudah mengetahui kawasan Kamojang yang merupakan jalur alternatif dari Bandung ke Garut dan sebaliknya. Kamojang merupakan salah satu Kawasan di wilayah Kabupaten Bandung yang menawarkan wisata alam dengan suasana hutan dan pegunungan. Curug Madi Kamojang merupakan salah satu objek wisata di Kamojang yang memiliki daya tarik berupa air terjun dan keindahan alam yang masih terjaga. Meski sudah menjadi tempat wisata, tetapi masih belum banyak diketahui oleh masyarakat luas. Hal ini disebabkan karena kurang upaya penyebaran informasi dan promosi yang dilakukan oleh pihak pengelola. Salah satu media yang efektif digunakan untuk penyebaran informasi dan promosi adalah konten foto dan video yang diunggah ke media sosial Instagram. Metode yang digunakan untuk memberikan solusi dalam perancangan ini adalah design thinking dan metode penelitian yang digunakan adalah mix method untuk mengetahui data dan fakta melalui kegiatan wawancara kepada narasumber, observasi lapangan, serta menyebarkan kuesioner kepada pengguna media sosial. Oleh karena itu penggunaan media sosial dapat dijadikan sebagai solusi untuk melakukan penyebaran informasi dan promosi karena penggunanya sudah banyak, penggunaannya yang praktis, dapat digunakan secara fleksibel dan dapat menjangkau cakupan yang sangat luas. konten digital yang akan disajikan akan berfokus pada menampilkan objek utama, aktivitas yang dapat dilakukan dan promosi. Diharapkan dengan adanya perancangan ini dapat membantu pengelola tempat wisata Curug Madi Kamojang dalam penyebaran informasi dan promosi untuk meningkatkan jumlah kunjungan.