PERANCANGAN ULANG LOGO “KOVALEN KITCHEN” SEBAGAI UPAYA PEMBAHARUAN IDENTITAS VISUAL

Authors

  • Aldi Wiguna Universitas Teknologi Bandung
  • Widyanto Satrio Aji Universitas Teknologi Bandung
  • Fajar Ahmad Faizal Universitas Teknologi Bandung

Keywords:

Identitas visual, Kovalen Kitchen, Pisang keju

Abstract

Identitas visual merupakan bagian dari brand yang hanya dapat dilihat saja. contohnya seperti logo, tagline, tipografi, warna, super graphic, desain kemasan dll. Kovalen Kitchen merupakan usaha bisnis makanan di Rancaekek kencana yang berfokus pada produk utama nya yaitu pisang keju. dengan menjanjikan produk pisang keju yang berkualitas, higienis dan lezat. Brand Kovalen Kitchen sendiri sudah mulai aktif dari segi konten di sosial media, namun dari segi identitas visual, logo kovalen sendiri memiliki kekurangan dari sisi legibility dan readability, yang menghasilkan interpretasi yang salah terhadap orang saat melihat logo tersebut. atas dasar itu maka dirancang lah perancangan ulang identitas visual kovalen kitchen. Perancangan ini menggunakan metode penelitian Mix Method dengan melakukan wawancara mendalam terhadap owner kovalen kitchen, observasi, interview dan pengumpulan data melalui kuesioner guna memperoleh data yang lebih objektif terhadap identitas visual Kovalen Kitchen. Metode perancangan yang digunakan dalam perancangan ini adalah dengan menggunakan metode perancangan RSVP yang diperkenalkan oleh Suryanto Rustan. RSVP adalah sebuah metode yang dibuat untuk merancang sebuah logo, yang mana logo merupakan bagian penting dari Identitas Visual sebuah brand. Metode RSVP terdiri dari empat tahapan, yaitu tahapan Riset, Strategi, Visualisasi dan terakhir adalah tahapan Implementasi. Proses perancangan brand Kovalen Kitchen sendiri yang baru memperhatikan aspek- aspek pada logo yang cukup penting agar tidak menghasilkan masalah baru, dimana pada akhirnya diputuskan untuk menggunakan logotype karena jenis tersebut sangat bisa digunakan bagi para perintis usaha karena nama brand dan logo tersampaikan bersamaan. Pesan yang ingin disampaikan pada brand sendiri disampaikan pada logo brand yang diterapkan pada huruf “K”, selain itu juga ditambahkan refreshment yang dilakukan melalui penggunaan warna tambahan dua warna yaitu pink dan ungu agar bisa di kombinasi kan dalam penerapan identitas visual brand Kovalen Kitchen.

Downloads

Published

2024-07-24

Issue

Section

Kreatif : Jurnal Karya Tulis, Rupa, Eksperimental dan Inovatif