IMPLEMENTASI PENERAPAN PENDEKATAN MODEL AISAS PADA DESAIN KONTEN INSTAGRAM SEBAGAI PROMOSI TAHAP INTRODUCTION
Keywords:
Promosi, AISAS, Instagram, KontenAbstract
Instagram merupakan salah satu platform media promosi yang saat ini sedang digemari oleh para pelaku usaha. Banyak pelaku usaha yang sedang merintis usahanya membutuhkan media promosi, salah satunya media promosi Instagram untuk dapat memperkenalkan produknya sehingga produknya dapat dibeli oleh para konsumen. Namun untuk promosi sendiri membutuhkan strategi agar promosi tepat sasaran dan dapat menciptakan efek yang signifikan terhapat target audience. Salah satu pendekatan strategi dalam perancangan desain konten Instagram adalah dengan model AISAS. Model AISAS sendiri merupakan model komunikasi pemasaran yang memiliki 5 (lima) elemen yaitu Attention, Interest, Search, Action, Share. Dalam proses perancangannya ada berbagai elemen yang harus diperhatikan seperti, layout, size, warna, teks, gambar, jumlah konten, tema konten, visual brand produk dan lain-lain. Pada artikel ini, pembahasan hanya dibatasi konten Instagram berupa Image (gambar tidak bergerak) dan tidak melibatkan fitur lain seperti fitur slide, reels, dan sebagainya, Tujuan dari artikel ini adalah agar para pelaku usaha pemula dapat mengetahui bagaimana membuat konten untuk memperkenalkan produknya dengan tepat sasaran sehingga dapat menarik calon konsumen untuk membeli produknya. Artikel ini tidak hanya dapat bermanfaat bagi para pelaku usaha pemula, namun dapat bermanfaat juga bagi mahasiswa desain komunikasi visual yang dalam pembelajarannya terdapat permasalahan bagaimana mempromosikan produk melalui media sosial Instagram.