PENGEMBANGAN STRATEGI PROMOSI “AREA WORKSHOP” BANDUNG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SOSTAC

Authors

  • Fajar Ahmad Faizal Universitas Teknologi Bandung

Keywords:

Strategi Promosi, Desain Produk, Promosi Digital, Media Sosial

Abstract

Strategi promosi merupakan rencana yang terstruktur untuk mencapai tingkat kesadaran dan pemahaman dari masyarakat mengenai suatu produk atau bisnis. Oleh karena itu pengembangan strategi promosi sangat penting untuk dilakukan oleh tipa para pelaku usaha. Pada dasarnya tulisan yang dibuat ini memiliki tujuan untuk mengeksplorasi strategi promosi yang efektif bagi Area workshop yang bergerak pada jenis usaha studio desain produk di Kota Bandung. Dengan menggunakan model SOSTAC (Situation, Objectives, Strategy, Tactics, Action, Control) diharapkan pelaku usaha dapat menghasilkan strategi yang terukur dalam melakukan aktivitas pemasaran. Area workshop merupakan bentuk usaha yang memiliki potensi keunikan dalam kemampuannya menerjemahkan berbagai pesanan dari klien, pengembangan protoype dan pembuatan desain produk yang unik menjadi spesialisasi yang dimiliki. Akan tetapi walaupun sudah berdiri selama 12 tahun, Area workshop belum mengembangkan strategi promosinya agar dapat bekerja secara optimal. Oleh karena itu dibuatnya tulisan ini tidak lain adalah untuk meningkatkan brand awareness, menarik klien baru, dan meningkatkan interaksi dengan calon lien di media sosial akan menjadi kanal utama merkea dalam melakukan promosi. Strategi yang dikembangkan memiliki fokus pada pemilihan segmen pasar yang tepat, positioning yang spesifik dari perusahaan, serta menitik beratkan pada keunikan inovasi serta kualitas produk yang dibuat. Implementasinya meliputi promosi digital, keikutsertaan perusahaan dalam kegiatan pameran ataupun workshop dan juga melakukan hubungan kerja sama dengan lembaga pendidikan dan juga industri. Rencana tindakan secara detail disusun untuk memastikan agar implementasi strategi promosi yang efisien dapat dilakukan. Evaluasi serta kontrol dalam strategi promosi yang sudah dirancang harus dilakukan agar strategi ini dapat berjalan dengan baik. Penelitian ini diharapkan dapat memberi panduan praktis bagi studio desain produk Area workshop di Bandung dalam merancang dan melaksanakan strategi promosi yang efektif dan efesien.

Published

2024-07-24

Issue

Section

Kreatif : Jurnal Karya Tulis, Rupa, Eksperimental dan Inovatif